Perihal Penting

Jika aku dihadapkan dengan pilihan pentingnya sebuah hidup, maka aku lebih memilih 3 dari sekian banyak hal penting di dunia ini, 3 hal yang bisa mengubah kehidupan ku lebih mengetahui esensinya, lalu menjadikan ku seperti manusia seutuhnya.

Perihal penting itu, yang paling aku utamakan adalah keluarga dan orang tersayang, dari keluargalah aku bisa mengerti siapa aku?, dan dari keluargalah aku mengetahui tempat bercerita teraman dan ternyaman, tempat berbagi suka maupun duka tanpa untuk menghakimi. Dan aku memutuskan hal yang paling berharga saat ini yaitu hadirnya orang-orang tersayang yang menjadi gandolane ati, gandolan yang menambah sebuah kebahagiaan pun keriangan. Orang tersayang pun bagaikan harta benda yang nilainya lebih daripada materi atau sekawannya, keberadaannya penuh kasih, sayang, cinta tanpa adanya tendensi.

Perihal penting itu, waktu yang tak akan berputar kembali, waktu ini tak akan kembali meskipun hanya sedetik, waktu terus berjalan pelan tetapi tak akan pernah mundur meskipun badai yang menghantamnya,  dan aku menjadikan ini penting agar waktu tak terbuang dengan kesia-siaan, memanfaatkan waktu dalam hidup yang diberikanNya dengan sebaik-baiknya. Aku mengelola waktuku dengan bijak atas dasae keseriusanku untuk masa depan nan gemilang, lalu waktu juga dapat menjadi sebuah kenangan yang terciptakan lantaran hal termanis, kenangan dengan yang tersayang yang bersifat selamanya.

Dari waktu aku dapat berhati hati dalam berucap karena setiap perkataan yang keluar tidak akan dapat di masukkan kembali, bijaklah dalam berkata seperti orang bijak sedang dalam doa doanya. Berbuatlah adil sejak dalam pikiran. Waktu juga seperti uang, apabila dimanfaatkan akan bernilai. Waktu juga seperti pisau, apabila salah dalam memanfaatkannya bisa membunuhmu. Waktu juga yang membuat orang bisa berkata buat pelajaran ya lain kali jangan gitu!.

Perihal penting itu, harga diri dan kepercayaan, harga diri itu ibarat air yang jernih yang siapapun orang ingin mengkeruhkannya. Harga diri harus dijaga, dipelihara pun dirawat, jangan sampai ia terinjak oleh sesamamu atau diperlakukan tak ubahnya seperti hewan. Ia bisa kokoh manakala aku terus belajar, membaca literatur dan alam sekitar. Aku menjaganya agar ndak semua orang bisa merendahkanku, aku jadikan perihal penting karena harga diri ibarat ruh dalam sebuah hidup seseorang, apabila ruh itu hilang akan terjadi kerendahan dalam kehidupan dan tak akan sama sekali dapat kepercayaan terhadap insan semesta.

Harga diri aku maknai sebagai integritas diri, yang didalamnya ada kejujuran, adil, rasa percaya, dan kecerdasan. Kejujuran aku utamakan karena kejujuranlah yang membuatku bisa bertahan hidup hingga saat ini tanpa sedikitpun kebohongan. Adil sejak dalam pikiran, adil sejak sebelum melakukan, adil sejak sebelum mengucapkan kata. Pepatah belanda pernah berkata Al is de leugen nog zo snel, de waarheid achterhaalt haar wel yang artinya Secepat-cepatnya kebohongan berlari, kebenaran akan selalu dapat mengejar dan mendahuluinya

_________

perihal /pe·ri·hal/

n 1 keadaan; 2 hal; peristiwa; kejadian; 3 tentang; mengenai.

penting /pen·ting/

a 1 utama; pokok: perkara --; 2 sangat berharga (berguna).

Komentar

Postingan Populer