Ilmu

Sudah genap 4 tahun aku mempelajarimu, mencari faedah-faedah dengan segala substansimu, aku bertirakat layaknya orang yang penuh pengharapan untukmu, kudekati dan kurayu engkau tak lekan oleh hari, waktu, menit pun detik, Aku menjaga setiap kesucianku, setiap tindak lakuku juga ku berhati-hati, karena aku sedang mengharapakan kehendek agar aku dapat dan tahu tentangmu. Wahai Ilmu.

Namun, disaat aku sudah mendapatkan dan mengetahui tentangmu, aku mulai bangga, angkuh atas kegunaan yang tak seharusnya, alih-alih sebuah kedholiman. Aku sangat kecewa atas diriku, menjadikanmu sebagai senjata agar semua merasakan atas kepinteranku, aku masih belum tau atas faedah-faedah yang ada pada hakikat ilmu.

Aku menuhankanmu diatas pengharapan-pengharapan yang maha tinggi.

Namun, sisi lain ketika aku diliputi kabut tebal dengan khas baunya, aku tak kuasa untuk menuturkan setiap kata atas kemanfaatan, kepemilikanmu yang telah dirasakan oleh segenap semesta, aku terlalu angku ketika dapat dan tahu tentang banyak tentangmu. Wahai Ilmu.

Alangkah akan lebih terhormat, lebih tersegani apabila setiap pitutur ku ada kamu, selalu memberikan manfaat tak mengenal usia muda pun tua, menjadi petunjuk yang semua insan wajib untuk mempunyaimu. Alangkah malang seseorang ketika jauh darimu, sedang engkau sangat penting dan mempunyai tingat lebih tinggi dari semesta ini.

Wahai ilmu,

Engkau begitu tinggi setiap derajat yang diberikan, engkau mampu membedakan makhluk tuhan yang paling mulia ketika memilikimu dengan berserta substansimu.

______

Ilmu /il·mu/

n 1 pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu;

Komentar

Postingan Populer