(Self Reminder) - VII

Minta maaf itu adalah kata yang mempunyai esensi makna pada kehebatan, aku sering kali enggan mengucapkan kalimat maaf lantaran ego yang ada pada alam bawah sadar dan mungkin aku masih belum hebat untuk saat ini.

Canda gurau yang berlebihan yang aku sampaikan ke sesamaku kerap kali mengarah pada ketersinggungan. Lantas sering juga aku berkata pada sesamaku, “jangan baperan!!”. Dibalik kata itu aku sadar bahwa aku sedang bersembunyi atas kepecundanganku yang tidak mau tersinggung atas canda yang berlebih.

Katanya, permintaan maaf itu sangat mudah, namun egoku enggan dan malu melafalkan “aku minta maaf ya!”. Aku sadar dibalik enggan dan malu melafalkannya aku sedang mempermalukan diri sendiri dan Sesungguhnya di balik kata maaf tanpa kudasari bahwa selalu ada janji untuk menjadi lebih baik dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Tapi aku pecundang untuk mengatakan itu.

Meminta maaf juga tidak akan menurunkan harga dirimu, justru dari sikap dan kesadaran atas permintaan maaf membuat sangat hebat. Sadarlah wahai aku, bahwa permintaan maaf itu bukan hal yang berat hanya saja egomu yang tidak berani kalah, malu atas keadaan.

________

Self Reminder yang ketujuh teruntuk diri yang enggan dan malu berkata maaf atas semua kesalahan.


Komentar

Postingan Populer