Pendidikan Itu?

Pada dasarnya esensi dari pendidikan itu memanusiakan manusia, menjadikan sebuah permasalahan dengan berlandaskan keadilan, menjadikan setiap perilaku manusia menjadi pada koridornya, menjadikan ucapan penuh kehati-hatian, menjadikan manusia pada inti kemanusiaannya.

Pendidikan itu juga dapat menjadikan sebuah negara menjadi salah satu barometer kemajuannya, manusia yang berpendidikan akan dapat berfikir dengan kejernihan atas dasar intuisi yang dimilikinya. Pendidikan pun andil dalam memerdekaan kemanusiaan, atas penindasan-penindasan insan semesta yang tak mempunyai dan memegang teguh atas esensi pendidikan.

Pendidikan itu sebagai proses untuk pengembangan diri untuk mencapai puncak aktualisasi pada teorinya abraham maslow, pun menjadi insan yang terdidik tak akan mengalami sebuah kemunduran. Sejalan dengan sabda Sang Agung SAW.:

كن عالما اومتعلما اومستمعا اومحبا ولا تكن خامسا فتهلك (روه البيهقي)

Artinya : Jadilah engkau orang yang berilmu (pandai) atau orang yang belajar (pelajar) atau orang yang mendengarkan ilmu dan atau orang yang mencintai ilmu. Dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima, maka engkau akan celaka. (H.R. Baihaqi).

Pendidikan itu menurut Sang Agung SAW harus dimiliki setiap insan semesta, agar tak masuk dalam golongan yang kelima, maksudnya kawanan pandir, kawanan yang tak mencintai ilmu, kawanan yang hatinya keras dan hitam layaknya batu yang kokoh atas keangkuhannya, lalu ia tak suka sama sekali dengan apa itu ilmu?, dan apa itu pendidikan?.

Pendidikan itu memadukan 3 kecerdasan, IQ; EQ; dan SQ. Intelligence Quotient itu ukuran kemampuan intelektualitas, analisis, logika, dan rasio seseorang. Emotional Quotient itu kemampuan pengendalian diri sendiri, semangat dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati, dan berdoa. Spiritual Quotient itu kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh.

________

pendidikan \ pen·di·dik·an\

n proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik;

Komentar

Postingan Populer