Hamemayu

Pendidikan merupakan ihwal utama yang harus diberikan atensi oleh seorang diri, ihwal keindahan pun memperindah, ihwal kecantikan pun mempercantik, dan ihwal kehormatan pun menghormati.

Pendidikan mempunyai banyak esensi atas orientasi. Kalau menurut konsepsi bapak pendidikan nasional saat ini, beliau Ki Hajar Dewantara merumuskan dengan tiga orientasi, yakni: Hamemayu Hayuning Sarira, Hamemayu Hayuning Bangsa, dan Hamemayu Hayuning Bawana.

Hamemayu Hayuning Sarira, biasanya setiap insan memahami sebagai perihal kecantikan atas diri sendiri, pendidikan dapat mempercantik pun memperindah diri dengan berbagai pengembangan-pengembangan potensi yang menjadi keniscayaan seorang diri. Pendidikan juga mempunyai orientasi untuk memperbaiki sikap agar lebih bijak dan membijaksanai, lebih adil tanpa mengadili, lebih terhormat pun menghormati. Nah, dari konsepsi pertama ialah apapun yang menjadi cita cita besar kita harus kembali pada pembenahan diri atas semua keniscayaan segala perbuatan.

Hamemayu Hayuning Bangsa, orientasi kedua setelah mempercantik dan memperindah diri atas pengetahuan-pengetahuan yang telah temiliki, perlu dengan memanfaatkannya dengan menyalurkan mengabdikan pun mengembangkan pada tendensi andil dalam pembentukan sebuah bangsa. Tidak akan mungkin ketika orientasi pertama tak dimiliki langsung ke orientasi kedua, akan jadi apa sebuah bangsa dihuni oleh setiap insan yang dholim atas kediriannya. Nah, pendidikan itu diharapkan membawa perubahan ke arah yang lebih baik pun terbaik dalam setiap bangsa dan masyarakatnya.

Hamemayu Hayuning Bawana, orientasi terakhir dalam konsepsi Ki Hajar ialah penegasan atas memperindah dunia, itu merupakan tugas setiap insan sebagai khilafah yang menjaga, mengharmonisasikan dunia dengan perilaku perilaku kejiwaan setiap insan dan menebar good vibes atas pengetahua-pengetahuan yang telah didapatkannya. Orientasi terakhir dalam konsepsinya ini dapat terealisasi dan terpahami dengan baik manakala diri sudah diperindah dengan etika dan esensi mengetahui sejatinya siapa diri ini.

______

Kata hamemayu yang dalam Bahasa Indonesia berarti mempercantik atau memperindah.

Komentar

Postingan Populer